Antisipasi Rayap


Atap Kena RAyapRayap ganas sering kali kita temukan, apalagi bila rumah kita berdiri diatas tanah urugan yang dulunya rawa.
Oleh karena rayap adalah binatang yg sulit ditaklukan dan jumlahnya dapat berlipat ganda dalam sekejap tanpa kita ketahui.

Rayap adalah tergolong serangga yg suka dengan kondisi lembab, oleh karena itu sering kali kita temukan di area dekat kamar mandi, rangka atap kayu yang terkena bocor dan masih banyak tempat lagi yg kadar kelembabanya tinggi, seperti pada gambar posting ini, rayap keluar dari sela-sela trap tangga yang tepat berada di atas kamar mandi.
Untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi adanya rayap dianjurkan bangunan baru harus di siram anti rayap pada kanan dan kiri pondasi atau untuk lebih baik lagi campuran semen pondasi, sloof bawah dicampur dengan anti rayap yang tidak berpengaruh terhadap campuran semen.
Pada beberapa kasus yang saya temukan rayap cepat sekali keluar pada bangunan yang berumur 3-5 tahun.
Rayap pada umumnya membawa tanah untuk membuat jalur lintasanya, tetapi pada terakhir kasus yang saya temukan rayap membawa pasir untuk dibuat jalur lintasanya seperti pada foto posting ini yg saya ambil beberapa bulan yang lalu
Adapun jenis anti rayap ya umumnya dipakai yaitu jenis mematikan rayap ditempat, umpan rayap dan mematikan rayap secara pelan-pelan tapi pasti.
Akan saya jelaskan ketiga jenis anti rayap diatas:
1. Anti rayap yg mematikan rayap ditempat adalah bahan yang disemprotkan terhadap rayap dan akan berefek langsung lemah dan mati pada rayap. Biasaya bahan ini terbuat dari bahan kimia yg keras dan berbau menyengat dan kurang aman bagi lingkungan, karena dengan bau yang menyengat akan membuat kita menjadi mata merah, mual, diare dan bahkan pingsan bagi yang sensitif terhadap bau yang menyengat.
2. Umpan rayap adalah jenis umpan yang disukai rayap yang kita pasang di jalur lintasan atau rumah rayap, apabila ada satu rayap yang telah memakan umpan akan lemah lalu mati. Untuk anti rayap ini lebih aman bagi lingkungan karena umpan rayap tidak terlalu berbau menyengat dan biasanya ditempatkan jauh dari jangkauan anak-anak.
3. Anti rayap yang mematikan rayap secara pelan-pelan adalah bahan racun serangga yang di semprotkan pada lintasan rayap yang tidak berbau dan rayap pun tidak sadar kalau bahan ini berbahaya karena rupanya seperti air biasa dan tidak berbau, cara kerja bahan ini yaitu setelah disemprotkan pada lintasan rayap maka rayap akan berjalan melintasinya seperti biasa, karena rayap tidak merasakan apapun sebelum bergesekan dengan rayap yang lain, dan rayap akan kembali ke sarang untuk berkumpul dengan rayap yang lain, setelah berada di sarang rayap yang melintas tadi tanpa sadar telah membawa sedikit banyak bahan anti rayap yg telah disemprotkan tadi, setelah rayap tersebut bergesekan dengan rayap yang lain maka rayap tersebut dan rayap yang lain akan mengalami keracunan akibat gesekan tadi. Nah biasanya untuk bahan ini tidah terlihat langsung efeknya, karena butuh waktu 1-2 hari untuk semua rayap saling bergesekan kemudian mati. Bahan ini sangat diminati walau harganya tinggi karena aman bagi lingkungan dan pasti menuntaskan rayap secara pelan-pelan.
Demikian Antisipasi rayap ganas, semoga bermanfaat,

Comments

Popular Posts